Minggu, 13 Februari 2011

Wisata Curug Cilember

Lokasi Curug Cilember di Cisarua, Bogor, Jawa Barat ini mungkin belum banyak yang tahu karena letaknya yang cukup sulit untuk dilalui kendaraan, papan penunjuk arahpun sulit dicari. Padahal lokasi wisata ini cukup segar untuk sekedar melepaskan penat dihari libur. Harga tiket masuknyapun relatif murah, jadi kita bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk berlibur

Wana Wisata Curug Cilember merupakan panorama bukit dengan hamparan pinus merkusi dimana terdapat sumber mata air dan air terjun. Lokasinya tak jauh dari Jakarta; berada disebelah kiri jalan jalur Ciawi – Puncak, tepatnya di Cisarua ± 15 Km dari pintu tol Gadog (Jagorawi). Berada di kawasan hutan lindung Bogor - Puncak - Cianjur (Bopunjur) di ketinggian ± 800 mdpl.

Setelah melalui jalan aspal mulus berliku-liku, di sebuah bukit yg masih dijaga Perhutani, dibelakang sekumpulan villa-villa dengan halamannya yang luas, terdapatlah sebuah bukit yg berbeda dari sekitarnya. Bukit tersebut. terlihat mencolok diantara bukit-bukit lain yang penuh dengan ladang-ladang penduduk. Menemukan kehijauan disini, seperti menemukan oase ditengah gurun yg terdiri kampung, villa dan kebun jagung. Sepintas hanya satu punggungan bukit saja yg masih terlihat hijau dgn tanaman pinus berdiameter cukup besar. Bukit itu bernama Hambalang.

Tetapi, setelah memasuki gerbangnya, pemandangan berubah drastis. Sekarang kita memasuki lokasinya yg asri dan tenang. Gemericik air terdengar dari sebuah pancuran bambu yang mengangguk-angguk karena kosong lalu teris air dan seterusnya. Air jernih mengalir disela-sela batuan dan tanam-tanaman yg berasal dari sebuah mata air, sebuah tempat yang kita akan tuju. Jembatan gantung, taman kupu-kupu, taman air, taman anggrek, menambahkan suasana rileks

Jika kita berkesempatan mendatangi tempat ini, ada baiknya anda mencoba melintasi jembatan gantung yang diberi nama jembatan cinta. Entah apa yang menyebakan jembatan ini dinamai demikian. Tapi yang jelas, walau sangat menegangkan, melintasi jembatan ini akan membuat anda merasa keasyikan dan dijamin anda pasti akan melakukannya secara berulang-ulang.

Air terjun yang dalam bahasa Sunda disebut curug ditempat wisata yang dikelola Perhutani ini jumlahnya tidak tanggung - tanggung. Totalnya ada tujuh air terjun yang terletak di ketinggian berbeda, tapi kebanyakan pengunjung hanya mampu menikmati keindahan air terjun alam ini sampai di curug tujuh yang lokasinya paling bawah. Soalnya untuk mencapai air terjun yang ke 6 sampai ke 1 jalannya terus nanjak. Bayangin saja dari curug tujuh sampai curug satu butuh waktu 3,5 jam.

Kalaupun anda tidak minat untuk naik ke curug selanjutnya, masih banyak rekreasi yang bisa anda sekularga dlakukan di curug ke tujuh ini. Ada permainan flying fox yang pasti menjadi favoritnya anak - anak. Juga bisa sekalian bermalam di areal campingnya dan ada Taman Kupu - Kupu. Tempat wisata di Cilember Cisarua Bogor tidak hanya terkenal dengan tujuh Curugnya saja (air terjun). Tapi juga ada Taman Kupu - Kupu dimana kita bisa melihat berbagai jenis kupu - kupu dipelihara disana.

Di kubah raksasa seluas 500 meter inilah Taman Kupu - Kupu ini berada. Taman Kupu - Kupu di Cilember ini sepertinya menjadi daya tarik tersendiri buat para pengunjung. Taman Kupu - Kupu Cilember ini bukan cuma menyediakan tempat hidup bagi kupu - kupu tapi juga ada sekalian tempat pembiakannya. Tempat budidaya kupu - kupu yang dibuka tahun 2001 ini sudah melakukan penangkaran terhadap 12 species kupu - kupu yang semuanya asli Indonesia.

Di laboratorium penangkaran kupu - kupu ini juga kita jadi tahu bagaimana cara metamorfosa alias rumah wujud kupu - kupu dari ulat jadi hewan bersayap cantik itu. Ditempat ini semua kepompong yang sebentar lagi menjadi kupu - kupu bisa diamati. Kupu - kupu yang panjang hidupnya hanya bertahan satu bulan itu butuh waktu tiga hari untuk menghasilkan telur bila terjadi perkawinan antara jantan dan betinanya. Sekali bertelur mencapai 50 hingga sampai tua.

Tidak perlu dibantu kalau lihat kupu-kupu lagi berusaha keluar dari kepompongnya, karena bisa-bisa malah ngak bisa terbang, soalnya justru dengan caranya sendiri keluar dari kepompong sayapnya bisa berkembang sempurna. Kebayang senangnya anak - anak bisa jadi saksi sebuah kehidupan bahan dari serangga yang cantik itu. Ciri Cilember ternyata bukan menawarkan indahnya panorama dan sejuknya air pegunungan. Tapi juga bisa jadi tempat kita belajar mencintai dan menghargai kehidupan alam bebas.

Anda juga tak perlu membawa perlengkapan apa-apa, karena tenda dan alat-alat masak pun bisa disewa. Keamanan yg biasanya selalu dikhawatirkan untuk sebuah camping keluarga, tak perlu ada, karena lokasi camping ground dijaga 24 jam oleh hansip dari penduduk kampung sekitar yg memahami arti pentingnya keamanan kenyamanan anda disitu.

Kunjungi Juga Wisata Indonesia lainnya.


1 komentar:

PREBU SILIWINGI mengatakan...

LESTARIKAN ALAM .... TAPI HATI - HATI DENGAN ALAM JANGAN TERLALU DI JADIKAN AJANG BISNIS ???

Poskan Komentar

 
informasi tempat wisata di jawa indonesia