Senin, 07 Februari 2011

Indahnya Pantai Klayar

PANTAI Klayar berada di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Pantai ini berada sekitar 35 km ke arah barat Kota Pacitan. Karena pesona dan keindahan serta keunikan karangnya, Pantai Klayar sering disebut 'Tahan Lot' Pacitan.

Pantai Klayar dapat dicapai sekitar 60 menit dari Pacitan. Di pinggiran Pantai Klayar banyak gundukan yang memiliki ciri khas dari pantai lain yang berada di pacitan.

Pantai berpasir putih ini memiliki keistimewaan, yakni di antara celah karang dan deburan ombak yang melambai bisa berbunyi seperti seruling laut. Serta memiliki pasir putih dan air berwarna biru yang menyenangkan untuk dikunjungi dan dinikmati.

Di samping itu juga ada air mancur alam .Air mancur ini terjadi karena gelombang tekanan udara di laut yang menghantam batu batuan berongga. Ketinggian air mancur yang dapat mencapai sekitar 10 meter dan bisa menghasilkan gerimis dan embun air laut ini, oleh masyarakat sekitar diyakini memiliki kualitas khusus sebagai obat awet muda.

Hamparan pasir putih yang luas membentang, lembut sekali pasirnya. Lintasan geologi di sekitar Pantai Klayar menawarkan pemahaman terhadap morfologi pantai yang dipengaruhi oleh struktur geologi dan gejala pengangkatan aktif pantai selatan. Pengangkatan ditunjukan oleh tersingkapnya endapan batu-gisik (beach-rock), yang sebagian permukaanya ditutupi oleh rumput laut.

Efek blow pipe di pantai ini menghasilkan semburan air setinggi belasan meter yang diikuti bunyi melengking. Semburan mirip geyser. Ini terjadi secara periodik.

Fenomena itu disebabkan oleh tertekannya air laut dan udara yang terjebak di dalam saluran di sepanjang retakan batuan oleh gelombang. Abrasi yang mengikis bongkahan batuan membentuk aneka ragam bangun yang disebut tafoni.(okezone.com)
Info Wisata di Indonesia



5 komentar:

Anonim mengatakan...

Subhanallah.
Ijin copy fotonya..
kemarin habis dari sini..
memang bagus banget..

blogwalking.. :)

Anonim mengatakan...

Wah itu foto saya kok nongol di atas ???

nixonglenn.wordpress.com

Unknown mengatakan...

pengeEN KE KlayaAar. .

Beti's Blog mengatakan...

Kemarin abis dari sanaaa,emg bagus banget dan masih bersih.ga nyesel deh jauh2 kesana nikmat banget rasanya pas udah liat pantainya.

jalan-jalan lagi mengatakan...

pengen puol

Posting Komentar

 
informasi tempat wisata di jawa indonesia